Arabic Windows


Download disini (update)

Tulisan-tulisan Arab di Windows anda berantakan? Banyak font-font Arab yang tidak dapat digunakan? Tidak dapat membuka aplikasi-aplikasi arabic? Atau anda malah menginginkan tampilan Arabic Windows secara keseluruhan?

Jika anda hanya menginginkan agar Windows anda dapat membaca tulisan-tulisan arab dan bisa menggunakan beberapa font-font arab, caranya sangatlah mudah…

1. Masukkan CD/DVD OS Windows anda ke Optical Drive (CD/DVD Room)
2. Masuk ke Control Panel > Regional and Languages Support
3. Pada tab ‘Languages’, tandai pilihan ‘install file for complex script and right-to-left languages (including Thai)’
cara1
4. Klik OK atau Apply
5. Arabic Languages telah di-enabled di windows anda

6. Untuk membuat pilihan aplikasi bahasa yang akan di terapkan pada keyboard anda, klik option languages bar yang ada di sebelah kanan bawah dekstop.
cara12

7. klik menu Setting, maka akan muncul ‘Text Services and Input Languages’
8. Pada menu Installed Services, klik ‘Add’
9. Pilihlah Arabic (Saudi Arabia) pada Input Languages
cara13

10. Klik OK dan OK🙂
11. Pada Languages Bar, pilihlah Bahasa yang ingin digunakan untuk ‘mengetik’

Cara ini, memungkinkan windows anda untuk membaca tulisan-tulisan Arab (kanan ke kiri).
namun sebagian besar aplikasi-aplikasi arabic masih belum bisa dibaca oleh windows.
lalu solusinya bagaimana?

Yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall software Windows XP Multilingual User Interface
(MUI). Silahkan download Installernya disini:

(update) :: MUI

Setelah proses instalasi MUI selesai (saya tidak perlu menjelaskan cara install MUI, karena hanya mengikuti perintah next dan OK)
Restart komputer anda.  Dan…pada saat log on, anda akan melihat kata Marhaban (menggantikan kata welcome).

Wow, terus apakah nanti semua tulisannya berbahasa Arab? Tenang, secara default tulisan dan menu-menu di windows anda masih berbahasa Inggris. Tapi jika anda menginginkan agar windows tersebut berbahasa Arab secara keseluruhan, anda tinggal setting lmelalui ControlPanel > Regional and Language System. Pada Tab Regional Options, menu standards and formats, ganti item english menjadi Arabic Saudi Arabia (fungsinya untuk mengubah format tanggal, waktu, currency dan penomeran).
cara21

pada tab Languages, menu Languages menus and dialogs, ganti english menjadi Arabic/ al-‘arabiyah. klik Apply/OK, lalu Logoff windows. setelah di log on kembali maka Arabic Windows benar-benar telah terintegrasi dengan windows anda secara keseluruhan.
cara22

Hampir seluruh menu-menu di windows anda berbahasa Arab, bahkan tampilan windows anda dari kanan ke kiri (bukan dari kiri ke kanan).

arabic-windows-1

Semoga Informasi ini bermanfaat!! Selamat mencoba, Barakallahu fiikum…

8 pemikiran pada “Arabic Windows

  1. mas aku mau tanya kalo officeku tu aku ganti english tidak bisa selalu bahasa arab,padahal udah aq ganti diregional option nya.gimana tu mas solusinya

  2. maaf numpang nanya, saya pake windown xp arabic(AR), tapi saya ngeset password log on pake english (EN, trus pas saya ngetik pasword, ternyata tulisanya jadi arabic. misal ketik huruf “p” jadi “wau” atau “mim”. dan saya jadi tida bisa log on ke komputer saya. mungkin ada solusi mas. syukron jiddan.

  3. Maaf ada tik asil copy dari blog orang
    tapi ini hanya untuk hal yang maslahat dan bukan untuk kejahatan ( bobol komputer orang …he.. he…
    Bila anda serius, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk memulai :

    Letakkan CD instalasi Windows XP anda di dalam CD-ROM PC anda dan kemudian nyalakan komputer (saya asumsikan cd instalasi yang anda gunakan adalah cd bootable – karena kita harus melakukan booting dari cd – maka anda harus mensetting di bios anda agar PC anda dapat melakukan booting pertama kali menggunakan CD)

    Perhatikan pesan di layar monitor saat proses booting berlangsung, biasanya ada tulisan “Press any key to boot from cd” yang berarti anda harus menekan sembarang pada keyboard anda untuk dapat melakukan booting dari cd.
    Begitu anda berhasil masuk, halaman pertama yang anda lihat yaitu “Setup is inspecting your system and loading files”
    Begitu muncul halaman “Welcome to Setup”, tekan ENTER untuk melakukan setup windows sekarang juga.
    Saat keluar halaman “Licensing Agreement” – tekan F8 untuk menerima perjanjian tersebut.
    Halaman selanjutnya adalah halaman pilihan setup yang memberikan anda pilihan apakah anda ingin melakukan proses perbaikan (repair). Kira-kira disana dapat kita baca tulisan seperti ini “If one of the following Windows XP installations is damaged, Setup can try to repair it”. Gunakan tombol panah keatas atau panah kebawah pada keyboard untuk memilih instalasi xp anda (jika anda hanya memiliki satu sistem operasi xp di pc anda, maka sistem secara otomatis telah terpilih) kemudian tekan “R” untuk memulai proses repair.
    Biarkan proses repair berjalan. Setup akan mencek hardisk anda dan kemudian mengkopi file-file sistem kedalamnya, sehingga proses ini akan memakan waktu beberapa menit
    Segera setelah proses kopi file, maka sistem diharuskan untuk dire-boot (ini akan otomatis terjadi – anda dapat melihat progress bar berwarna merah dengan tulisan “Your computer will reboot in 15 seconds”
    Selama masa reboot, jangan melakukan kesalahan dengan menekan tombol keyboard, karena itu berarti akan kembali membawa sistem pada proses boot melaui cd kembali, sampai sini, biarkan windows berjalan otomatis. Proses selanjutnya anda akan dibawah kesebuah halaman instalasi xp.
    Dalam proses ini, perhatikan sisi kiri bawah halaman hingga disana anda terdapat tulisan “Installing Devices”, tekan tombol SHIFT+F10 pada keyboard. Tahukah anda, inilah celah keamanan yang saya maksud diatas! Sebuah jendela perintah konsol khas DOS akan muncul sehingga dapat memberikan anda kesempatan yang besar untuk dapat melakukan akses pada sistem anda.
    Di jendela prompt DOS, ketikkan NUSRMGR.CPL kemudian tekan enter. Bravo! anda baru saja berhasil membuka akses grafis untuk memanage User Account yang biasa ada di control panel.
    Sekarang, silahkan anda pilih account yang ingin anda ganti passwordnya kemudia remove atau change password baru sesuai yang anda inginkan. Jika anda ingin dapat masuk tanpa mengetikkan kembali password, setelah melakukan pergantian password, silahkan tutup jendela tersebut, kemudian kita kembali ke DOS prompt, kemudian ketikkan “control userpasswords2″, ketika muncul sebuah jendela, pilih checklist “log on without being asked for passwords”. Setelah itu tekan ok dan tutup jendela tersebut. Setelah kembali ke jendela Prompt DOS, ketikkan “exit” untuk keluar dari jendela prompt. Langkah selanjutnya adalah melanjutkan proses instalasi yang sedang berjalan (oh ya…dalam proses instalasi, anda diharuskan memiliki CD key yang nantinya harus anda ketikkan ketika diminta).
    Setelah proses repair selesai, maka anda dapat dengan mudah masuk dengan menggunakan password baru anda (atau masuk tanpa menggunakan password jika tandi anda memilih opsi agar sistem tidak menanyakan password lagi. ya gitu dech….

    Ahmad Fa’iq: syukran atas tambahan ilmunya…

  4. ko ga bisa di download programnya.yang MUI ?????

    Ahmad Fa’iq: ‘afwan, semuanya ke reset. insyaAllah saya upload ulang secepatnya

  5. website yg sederhana tapi banyak membantu saya😀 lanjutkan bro!

    Ahmad Fa’iq: ini sekedar personal blog bro, wahana ngeluarin unek2, hehe. thanks bro atas kunjungannya, semoga bermanfaat…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s