Musang Pun Puasa


mode bahasa betawi:on

Hehe. sebenernye cerita lucu (aneh) eni udah basi. Ni cerite, ane dapetin waktu sholat tarawih di masjid deket kost-an.

Seperti kebiasaan masjid-masjid lain, abis sholat Isya (sebelom sholat tarawih) ada seorang yang membawakan sebuah kultum. Pada saat itu temanya juga tentang puasa Ramadhan. Dengan logat Betawinya yang khas,  dia nanye same hadirin di majlis sholat tarawih itu,

“Bapak-bapak, Ibu-ibu…… kambing puasa gak?”

“pak…bu….kok diem, ngantuk ye…”, imbuh sang khatib.

serentak mereka, majlis sholat tarawih,  menjawab, “gak!

“kambing itu gak puasa, berarti klo gak puasa kayak kambing!” jelas khotib itu.

“hahahahaha” suara tawa anak-anak riuh rendah.

khotib kembali bertanya, “klo ayam puasa gak tong?”

“Puasa…” “enggak….” berbagai macam jawaban keluar dari mulut anak-anak.

khotib berkata,  “Ayam itu puasa, buktinya waktu itu ayam  betelor, trus habis itu, ntu ayam kagak keluar2 dari kandangnye, ntu telor dieremin terus sampai beberapa hari, berarti ayam juga puasa, dan klo elu elu pade kagak puasa, berarti lu tong, kalah ame ayam!”

“hehehehehe”

khotib tanya lagi, “ular puasa gak?”

Langsung jawab aja lah (kelamaan pak!), “ular puasa, terutama waktu ganti kulit, jadi abis puase tu kulit ular jadi tambah bagus”

tanya lagi (tanya mulu, kapan tarawihnya?), “ulet puasa gak?”

“Ulet puasa saat jadi kepompong tong, pak, bu….” “abis ntu kan jadi kupu-kupu yang cantik. iye ape iye…?”

“oleh karena itu, kite kudu puasa, biar gak kaya kambing, gak kalah sama Ayam, uler, ulet” jelas khotib, entah apa maksudnya, mau khotbah ato ngelenong.

sampai disini, tiba-tiba ane denger ada bocah nyeletuk ke temen di sebelahnya (kebetulan mereka tepat di depan ana)

“Musang juga puasa……”

dengan lugu, teman di sebelahnya bertanya, “emang kenapa….?”

“Karena musang makan kolang-kaling…”

klo aja itu gak didalem masjid dan gak saat lagi Tarawih, ane dah bener2 ketawa terpingkal-pingkal. tu anak2 benerr2 lebih lucu daripada khotibnye, bahkan mungkin lebih cerdas, dengan keluguannya ntu anak. kultum yang sebenarnya bisa dijadikan sarana buat dakwah, penyampaian ilmu dan nasehat malah dijadikan ajang “nglawak ” oleh ntu khotib. malahan masih kalah lucu dari bocah kecil…….hehehehe.

wabillahittaufiq wal hidayah

mode bahasa betawi:off

Tambaham bagi yang nalarnya tidak menjangkau kata-kata yang dicetak tebal: buah kolang-kaling adalah makanan dari hewan musang. Selain itu, saat bulan puasa, kaum muslimin Indonesia juga banyak yang menyantap es kolang-kaling sebagai menu berbuka. Atas dasar itulah, anak itu menyamaratakan antara kebiasaan makan kolang-kaling musang dengan kebiasaan makanan es kolang-kaling sebagai menu khas bulan puasa.

5 pemikiran pada “Musang Pun Puasa

  1. Dasaarrrr!!!

    Nt harusnya ngasih royalti ke anak itu setelah mempublikasikan keluguannya.

    Ana “baca” sekali lagi pengalaman ini.. (DAN PERLU DIKETAHUI SAUDARA-SAUDARA, SAYA JUGA HADIR DI TKP WAKTU ITU), dan ana masih ketawa ngakak sampai detik terakhir jari-jemari nan lentik ini (..halah!) mengetik tuts keyboard. Kayak baru kejadian berapa menit yg lalu aja. Gila nih anak, mudah2an aja dia ga jd pelawak.

    Kalo dia lebih lucu dari khatib itu jelas, that’s not even up for debate! Tapi, seperti yg pernah ana bilang, letak lucunya tuh justru krn dia sama sekali g berusaha utk ngelucu. Dia cuma lg nerangin fenomena alam yang dia cerna melalui intelektualitas dan keluguannya yg polos.

    Harapan ana cuma satu, yaitu agar Allah menjaga anak ini, dan anak-anak lainnya dari kaum muslimin dari lingkungan yg buruk–kayak khatib-khatib kurang kerjaan itu (dan ini bukan ghibah), spy dia bisa tumbuh berkembang di atas Islam yg benar. Amin.

    Akhukum fillah,
    Abu ‘Abdirrahman.

  2. @Abu ‘Abdirrahman:
    royalti, ntar deh, klo ktemu anak itu ana traktir makan. tapi masalahnya ana lupa wajahnya. (ngeles, biar gak jadi nraktir). na’am, Semoga Allah menjaga mereka, Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s